PKB ROAD TO WIN Part I – Sebuah Kontribusi TRUI pada RAPAT KONSOLIDASI PKB dan FKB, 11 Agustus 2008

11 08 2008
PKB & FKB
Konsolidasi PKB-FKB

Pada tanggal 11 Agustus 2008 lalu PKB menggelar rapat konsiladasi di ruang rapat FKB guna menyatukan visi untuk fokus dalam upaya meraih kemenangan pada Pemilihan Umum 2009 mendatang. Upaya PKB untuk tidak berlarut-larut kedalam konflik dan terus fokus menatap pemenangan pemilu itu telah mendorong TRUI untuk ikut menyumbangkan ide-ide dan pemikiran TRUI dalam bentuk suatu Media Visual, baik Simbol/Logo maupun Baliho yang menjadi Background dari pada event saat itu.
Sebutlah PKB ROAD TO WIN, itulah namanya, konsep yang ada adalah ‘Perubahan‘. Ya, memang siapa yang tidak mau akan perubahan? semua orang menghendaki adanya perubahan, apalagi perubahan yang lebih baik, sama seperti halnya Obama dalam campaignnya yang mengusung tema “CHANGE, we can believe in“, semua orang berbondong-bondong mendukungnya untuk mewujudkan perubahan. Jadi, tema perubahan yang diusung oleh PKB adalah “Saatnya Kita Berubah, Saatnya Indonesia Berubah.”

Beberapa program-program PKB ROAD TO WIN juga telah dirancang dan beberapa sudah dijalankan untuk mendukung PKB dalam pemenangan pemilu 2009. Mungkin kebanyakan orang bertanya: “mengapa tampilannya sangat beda dengan tampilan PKB yang kemarin?” pastinya tanggapan TRUI adalah “bukankah kita semua mau berubah? kalau mau, apakah kita inginkan perubahan itu secara setengah-setengah? ataukan secara totalitas?” jadi jawabannya adalah “Ya, kami mau berubah secara TOTAL,” oleh sebab itulah TRUI juga mencoba sesuatu yang sangat berbeda dan menunjukkan suatu perubahan secara total melalui hasil karya-karya TRUI untuk PKB.

Perubahan itu akan mencerminkan bahwa PKB sudah berubah secara internal, berubah menjadi suatu partai yang modern, muda dan teruji. Itu pula yang diyakini Dewan Syuro DPP PKB Lily C Wahid yakin kalau partainya mampu berdiri tanpa figur seseorang, contohnya adalah kekalahan PKB pada pilkada jatim, itu menunjukkan popularitas salah satu tokoh partai tidak menjadi penentu kemenangan partai.
Lily Wahid yakin PKB bisa berdiri sebegai partai yang modern yang mengutamakan kematangan manajemen.

Jadi, dengan tampilan yang berbeda dengan tampilan PKB yang sebelumnya, sekarang PKB  tampil beda dengan media visual partai-partai lain, dan juga sebagai tanda bahwa PKB ingin ‘keluar’ dari bayang-bayang image sebagai partai yang konservatif. Hal itu juga bisa dilihat dari beberapa bentuk media promosi visual yang sudah dibuat dan diproduksi oleh TRUI dan PKB dibawah ini. Selamat menikmati!

Design Backdrop ROAD TO WIN I_byTRUI
Design Backdrop ROAD TO WIN I_byTRUI

Design Spanduk PKB KUAT DAN BESAR_byTRUI
Design Spanduk PKB KUAT DAN BESAR_byTRUI

SOCIAL NETWORKING – Pada akhir rapat FKB dan DPP PKB, selain melahirkan poin-poin strategis untuk memenangkan pemilu, TRUI juga diberikan kesempatan untuk menyumbangkan pemikiran untuk didiskusikan, topik yang TRUI pilih adalah mengenai jejaring sosial sebagai ujung tombak kampanye. Kenapa meraih dan meningkatkan jumlah suara (voters)  melalui “Social Network”? untuk hal yang satu ini TRUI pikir sudah sangat jelas, lagi dan lagi marilah kita melihat kesuksesan dari pada tim Obama yang dengan sangat jeli menggunakan teknologi internet untuk media kampanyenya melalui situs-situs jejaring sosial seperti facebook, friendster, myspace, dsb.

Barrack Obama

Barrack Obama

Obama sendiri juga mengawali karirnya sebagai seorang Community Organizer, sehingga ia dan timnya tahu persis bagaimana besar serta pentingnya yang namanya suatu komunitas ini, ya pada akhirnya, terbukti bukan? keberhasilannya meraih suara melalui jaringan komunitas sosial.

Dan kedepannya, bukan hal yang tidak mungkin bagi PKB untuk meraih kesuksesan seperti yang dialami tim kampanye Obama pada pemilu 2009, dengan catatan PKB harus mampu mempertahankan komunitas-komunitas tersebut dengan mengembangkannya melalui program-program yang berkelanjutan dan pastinya program yang hasilnya dapat langsung dirasakan dan bermanfaat baik untuk  komunitasnya sendiri, lingkungan sekitarnya maupun orang-orang yang membutuhkannya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: